Langsung ke konten utama

PANAS DINGIN IBNU ARABI


BIOGRAFI SINGKAT IBNU ARABI

    
    Ibnu Arabi (Muhyiddin Abu Abdullah Muhammad ibn Ali ibn Muhammad ibn Ahmad ibn Abdullah Hatimi at-Ta'i)  merupakan seorang ulama dan sufi islam dalam bidang tasawuf. Ia lahir di Andalusia (sekarang adalah Spanyol) pada tanggal 11 Agustus 1165 namun adapula yang menyebutkan bahwa ia lahir pada tanggal 28 juli 1240 M.Ia memiliki pemikiran pemikiran yang kontroversial, sehingga kerap kali dihujat oleh ulama ulama lainya, bahkan ada yang memvonisnya bahwa ia adalah seorang kafir. walaupun begitu, tidak sedikit pula ulama yang membelanya karena ia dianggap telah mencapai puncak tertinggi hubungan hamba dengan Allah.

    Selama hidupnya ia telah menulis banyak buku termasukdi bidang tasawwuf, antara lain adalah; Fushushul Hikam, Futuhat Almakkiyyah, Asrar umm Alquran, dan masih banyak lagi. abudurrahman Al Jami seorang ulama dan penyair mengatakan dalam bukunya nafahatul yawaqit wal jawahir bahwa ia telah menulis 500 buku. Diantara buku-bukunya yang paling kontroversial ialah Fushushul hikam dan futuhat al makkiyyah.

ANTARA IBNU ARABI DAN IBNU AL ARABI

    Perlu diketahui sebelumnya agar tak terjadi kesalahan. ada perbedaan dengan Ibnu Arabi dan Ibnu Al Arabi (Tanpa alif lam dan dengan alif lam). Keduanya adalah sama sama seorang Ulama. Ibnu al Arabi atau  Muhammad bin Abdullah Bin Muhammad Al Isybily. Lahir di kota Isybilia (Sevilla) 22 Sya’ban 468 H, dan wafat pada tahun 543 H. Ia Adalah seorang Ulama Madhab Maliki dan seorang Qadhi. diantara karyanya ialah ; Al Awashim wal qawashim, qanun  at ta'wil, Ahkamul Qur'an.

IBNU AL ARABI DAN KONSEP WAHDATUL WUJUD

    Pemikiran dan karya ibnu arabi kerap kali menuai kritik dan tuduhan. bahkan ada sebuah ungkapan dari ulama ulama "Ma Ikhtalafal ulama’u fi ahadin ka ikhtilafihim fi Muhyidin Ibnu ‘Arabitak seseorangpun  yang lebih kontrovesional di kalangan para ulama yang melebihi Ibnu Arabi. Salah satunya adal konsep wahdatul wujud. Ia disebut-sebut sebagai penggagas konsep wahdatul wujud. sebagaimana Syekh siti jenar di Jawa dan syekh hamzah fansuri di Aceh. Wahdatul wujud sendiri merupakan penyatuan diri sebagai hamba denga allah Subhanahu wa taala sebagai rabb. Namun belakangan konsep ini sering disalahpahami. seperti yang terjadi di jawa, dimana konsep ini sering disamaartikan dengan menunggaling kawulogusti. padahal kedua hal tersebut sangatlah berbeda. sehingga kerap kali wahdatul wujud merupakan pemikiran yang sesat.

TUDUHAN TERHADAP IBNU ARABI

    Banyak yang menganggap pemikiran pemikiran ibnu arabi adalah pemikiran yang sesat. bahkan ada yang memvonisnya dengan kekafiran. padahal kalau ditilik lebih lanjut, karya karya ibnu Arabi menggunakan bahasa sufistik yang sangat tinggi sehingga sering disalah pahami oleh orang orang awam. untuk mengkaji karyanya haruslah disertai dengan ilmu yang luas serta pemikiran yang terbuka dan tidak boleh dikaji oleh sembarangan orang. pemikiran ibnu arabi tentang wahdatul wujud menunjukkan bahwa dirinya telah mencapai puncak kedekatan seorang hamba dengan rabbnya. maka tidaklah patut bagi kita untuk memberikan tuduhan tuduhan keji terhadap beliau dan para ulama ulama lainya yang belum kita kenal secara mendalam dan tanpa info yang belum kita ketahui keabsahannya.





 


    

    

Komentar

  1. رضي الله عن محيى الدين خبريت الأحمر مولانا مربي العارفين إبن عربي

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Hari di SATI: Sebuah Catatan Refleksi

Sudah berbulan-bulan lalu saya berencana mengisi liburan semester ini dengan bervakansi ke satu kota kecil yang indah di Jawa Timur: Malang. Akan tetapi, karena alasan dana, rencana itu terpaksa saya urungkan. Malang barangkali bisa dijamah kapan-kapan, tapi soal perut harus selalu di-nomorsatu-kan, khususnya saya yang hidup merantau di Jogja. Namun, nasib yang katanya ‘sunyi’ itu berkata lain. Sebuah surat Term of Reference terlampir dalam satu surel ringkas dari dosen. Melalui surat itu, saya dimintai oleh dosen untuk mengikuti sebuah acara dengan tajuk Christianity Study for Moslem Scholars (selanjutnya disingkat CSMS) yang diadakan oleh Asosiasi Teolog Indonesia (ATI). Tak ada yang membuat saya tertarik untuk mengikuti acara ini-karena memang saya tidak terlalu mendalami kajian lintas iman-selain bahwa kegiatan studi ini diadakan di Malang dan akan didanai penuh. Benak saya: ini sebuah berkat, wayahe kalau kata orang Jawa. Dengan hati mantap dan menyala saya memutuskan ...

STIT kedepannya

Saya memimpikan STIT kedepannya lebih fokus terhadap pengembangan intelektual mahasiswanya. Mahasiswa dan dosen bahkan lebih baik terpisah dari kegiatan-kegiatan struktural di pesantren. Agar kegitannya lebih fokus dalam pengembangan keilmuan. Acap kali terjadi benturan antara jadwal perkuliahan dengan pekerjaan bagian yang menjadi dilema setiap mahasiswa STIT-RH terkhusus yang tinggal di dalam pondok. Sehingga ia mendapati tekanan dari dua sisi yang mau tidak mau harus ia hadapi. Ini membuat kegiatan belajar di kampus tidak maksimal. Begitu pula dengan keefektifannya dalam melaksanakan tugas-tugas bagian tersebut

Keangkuhan akan Kalah

Hukum adalah satu garis lurus. Ia selalu berada pada pacaknya. Tidak akan berpindah dari tempat yang ia berdiri di atasnya. Namun, akan selalu ada yang berusaha menggoyahkan kekokohan garis tersebut, untuk berbagai kepentingan. Hukum adalah satu objek abstrak, maka keobjektivannya akan kembali kepada subjeknya sendiri. Suatu ketika seorang wanita dari kalangan kaum bangsawan Arab Quraisy melakukan pencurian. Ia tertangkap dan oleh sebab itu harus diadili melalui jalan hukum Islam. Seorang pencuri telah mengotori tangannya dengan perbuatan keji di dunia. Maka untuk menghindarkan siksaan yang lebih pedih di hari pertimbangan kelak, ia harus dipisahkan dari tubuh si pencuri. Dengan itu ia dan orang-orang lain akan jera. Namun, manusia selalu memanfaatkan celah sesempit apapun untuk mempertahankan kehormatannya. Maka, oleh petinggi Bani Makhzum yang merupakan salah satu dari tiga kabilah terkaya Kaum Quraisy ingin melindungi wanita itu. “Ia adalah wanita bangsawan, tak sewajarnya bila h...